Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Sekjen Tekankan Pentingnya Inovasi di Lingkungan Kemendagri

Jakarta- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo menekankan pentingnya inovasi di lingkungan Kemendagri. Menurutnya, inovasi merupakan tuntutan dan kebutuhan mutlak di era digital seperti sekarang ini.
“Inovasi adalah tuntutan kebutuhan di era sekarang, yakni globalisasi serta revolusi industri, kemudian yang lebih khusus juga kebutuhan kita di dalam era digitalisasi,”kata Hadi di Grand Mercure Jakarta Kemayoran, Kamis (05/09/2019).
Dalam kaitannya, Hadi mencontohkan tentang inovasi yang dilakukan Ditjen Dukcapil mengenai inovasi yang memberikan solusi agar masyarakat mendapatkan kemudahan mengurus akta kelahiran, yakni Supertajam. Ia juga meminta agar inovasi harus memiliki output yang jelas dan terukur.
“Kaitannya dengan inovasi, misalnya Dukcapil ada Supertajam. Dengan pemanfaatan digital tersebut sekarang pelayanan KTP-el dan juga akta kelahiran, akta kematian, akta perceraian ini cukup diselesaikan satu jam sampai dua jam dalam satu hari. Ukurannya jelas. Jadi jangan sampai kita bicara inovasi tapi output dan outcome-nya tidak terlihat,” ujarnya.
“To call asteroids the ‘rock stars’ of astronomy is simultaneously a bad joke but an accurate depiction of how astronomy fans view them.”
Hadi berharap inovasi harus diukur dengan output yang jelas sehingga dibutuhkan sinkronisasi dan evaluasi. Dengan demikian, peluang dan tantangan akan mampu dioptimalkan dengan sebaik-baiknya.
“Saya harapkan inovasi ini harus ada output atau outcome-nya, tapi yang penting outcome-nya. Juga lakukan evalusi kemudian sinkronisasi baik dengan Kementerian/Lembaga dan sosialisaikan ke daerah, karena tuntutan kita sudah tinggi. Kalau kita tidak mau digitalisasi ya kita akan ketinggalan,” imbuhnya.
Dalam kesempatannya, Hadi juga menekankan adanya transparansi, akuntabilitas, perencanaan serta pertanggungjawaban. Transparansi merupakan bagian dari pertanggungjawaban sebagai penyelenggara negara.
“Tentunya juga adalah transparansi dan akuntabilitas. Kita bangun suatu alur pemikiran dari proses hulu sampai hilir, dari proses perencanaan sampai proses pertanggungjawaban sampai dengan opini,” tutupnya.
Puspen Kemendagri
Rate this item
(0 votes)
Pura Pura Admin

your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do

@ordah.saputra

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Ad Sidebar
© 2017 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara All Rights Reserved.