Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Rakor Rencana Investasi Dan Kesiapan Pemerintah Prov. Sultra Dalam Mendukung Aspal Buton Featured

Kendari (Jumat, 27/9/2019) - Dalam sambutannya Gubernur mengatakan Rakor Investasi Pengembangan Aspal Buton ini bertujuan untuk optimalisasi pemanfaatan aspal Buton secara nasional. Dengan dukungan regulasi Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2010 Tentang Pemanfaatan Aspal Buton untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan Provinsi dan Kab/Kota.
Aspal Buton adalah aspal alam yang telah 350 tahun dikelola sebelum Indonesia merdeka, dengan total potensi sebaran mencapai 240.401 Ha, terdiri 75.321 Ha berada dalam kawasan hutan dan 165.089 Ha di luar kawasan hutan.
Adapun jumlah IUP sebanyak 41 IUP operasi produksi namun saat ini terdapat 6 IUP yang aktif produksi bahan baku aspal Buton olahan karena minimnya permintaan pasar.
Berdasarkan data dari ASPABI (Asosiasi Pengembang Aspal Buton Indonesia) bahwa presentase penyerapan nasional bahan aspal Buton olahan/butiran masih di bawah 20 persen pertahun. Sementara data potensi eksplorasi aspal Buton dari 41 IUP diperkirakan sebesar 564 juta ton dengan nilai ekonomis mencapai Rp 282 triliun.
“To call asteroids the ‘rock stars’ of astronomy is simultaneously a bad joke but an accurate depiction of how astronomy fans view them.”
Sedangkan Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim, Agus Kuswandono, memaparkan bahwa rakor ini untuk menindaklanjuti rakor yang 2 bulan lalu diselenggarakan di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta yang langsung dipimpin oleh bapak Menteri Luhut Binsar Panjaitan. Dimana dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa aspal Buton akan diberi label SNI (Standar Nasional Indonesia). Tujuannya untuk meyakinkan daerah seluruh indonesia menggunakan aspal Buton dalam pembangunan jalan.
Agus Kuswandono juga menyatakan bahwa hanya 3 sumber aspal alam di dunia. Salah satu diantaranya adalah di Buton, sehingga Menteri Perekonomian sangat serius dalam mewujudkan aspal Buton sebagai aspal yg terbaik digunakan untuk pembangunan jalan se-Indonesia.
Menurut tenaga Ahli Menko Maritim, Prof. Yohanes dan Prof. Suyono dari akademisi, bahwa aspal Buton telah melalui riset sejak tahun 1963 di Amerika. Aspal buton selain digunakan untuk pembangunan jalan, dapat membuat Hardener untuk memproduksi Superpave sebagai agregat pengikat aspal Buton dan ikutannya yaitu Propellant (untuk meluncurkan roket), fiber carbon, Nano carbon, dan Coating (bahan baku Roket yang ringannya 1/3 dari alumunium dan kekuatannya 5 kali dari baja) yang jika diproduksi harganya berkali-kali lipat dari harga aspal yang sesungguhnya.
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Tuesday, 08 October 2019 01:00
Pura Pura Admin

your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do

@ordah.saputra

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Ad Sidebar
© 2017 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara All Rights Reserved.